• Home
  • >
  • Berita
  • >
  • Artikel Lepas
BAGAIMANA CARA MENAMBANG CARDANO (ADA)?

BAGAIMANA CARA MENAMBANG CARDANO (ADA)?

Apa itu Cardano dan bagaimana cara kerjanya?

Cardano dibuat pada tahun 2017 oleh Charles Hoskinson dan Jeremy Wood.

Ini adalah platform Kontrak Cerdas yang tujuannya adalah untuk memungkinkan transaksi dalam cryptocurrency aslinya, ADA , mata uang digital generasi ketiga yang bertujuan untuk meningkatkan masalah skalabilitas yang ada pada bitcoin dan ethereum.

Salah satu fitur platform Cardano adalah Blockchainnya dibagi menjadi dua lapisan:

  • Cardano Settlement Layer (CSL): digunakan untuk mentransfer ADA antar akun dan untuk mencatat transaksi.
  • Cardano Computational Layer (CCL): berdasarkan logika Kontrak Cerdas yang dapat dimanfaatkan untuk memindahkan dana secara terprogram.

Arsitektur ini membuat Cardano benar-benar unik karena sebagian besar platform blockchain berjalan pada satu lapisan, yang menyebabkan kemacetan jaringan, memperlambat transaksi dan membuat biaya lebih mahal.

ADA: token Cardano

ADA adalah nama mata uang kriptonya, untuk menghormati Augusta Ada Byron, Countess of Lovelace dan putri penyair Lord Byron, yang diakui sebagai programmer komputer pertama abad ke-19.

Cardano (ADA) memiliki persediaan terbatas sebesar 45 miliar token. Pada saat penulisan ini, ada pasokan hampir 32 juta yang beredar.

Antara September 2015 dan Januari 2017, ada lima putaran penjualan publik token Cardano yang didistribusikan:

  • Pada saat peluncuran jaringan, ADA 2,5 miliar dialokasikan untuk IOHK;
  • 2,1 miliar token ADA lainnya diberikan kepada Emurgo, perusahaan teknologi blockchain global yang menjadi entitas pendiri protokol Cardano;
  • Akhirnya, ADA 648 juta lainnya diberikan kepada Yayasan Cardano, yang bertujuan untuk mempromosikan platform dan meningkatkan tingkat adopsinya.

Secara total, sekitar 16% dari total pasokan ADA didistribusikan di antara para pendiri proyek, dan 84% sisanya didistribusikan di antara para investor.

Bagaimana cara menambang Cardano (ADA)?

ADA, sebagai token asli Cardano, digunakan oleh pengguna platform untuk melakukan transfer peer-to-peer, serta berpartisipasi dalam fungsi staking jaringan.

Ini berarti bahwa ADA tidak dapat ditambang seperti kebanyakan cryptocurrency karena menggunakan algoritma Proof of Stake (PoS) yaitu bekerja melalui staking cryptocurrency dan semua koin ADA sebelumnya ditambang selama awal.

Seperti pada semua protokol berdasarkan algoritma PoS, semua pengguna yang merupakan pemegang token ADA dan yang mempertaruhkan token mereka dapat berpartisipasi dalam tata kelolanya, menjadi validator, dan berfungsi sebagai node. Partisipasi mereka dalam keberhasilan operasi jaringan memberi mereka hak untuk mendapatkan penghargaan.

Pada paragraf berikut kita akan melihat bagaimana Cardano Staking bekerja secara detail.

Bagaimana cara kerja Tes Partisipasi Cardano (ADA)?

Ouroboros adalah nama algoritma konsensus Proof of Stake yang digunakan oleh node yang menjalankan perangkat lunak Cardano untuk melindungi jaringan, memvalidasi transaksi, dan mendapatkan token ADA.

Ini adalah metode yang sangat efisien dibandingkan dengan protokol lain dan sangat aman karena kode Cardano ditulis dalam bahasa Haskell, digunakan di sektor perbankan dan pertahanan.

Di Ouroboros, waktu dibagi menjadi epoch dan slot, di mana epoch adalah kerangka waktu umum dan slot adalah peningkatan 20 detik dalam epoch. Artinya, setiap blok ditarik setiap 20 detik dan setiap 20 detik pemimpin slot baru dipilih.

Tidak seperti algoritma PoS lainnya, di Ouroboros tidak ada persaingan antara pihak yang berkepentingan untuk menghasilkan blok. Sebagai gantinya, pemimpin slot dipilih secara acak di antara node, secara proporsional dengan jumlah token yang dimilikinya (pasak). Pemimpin slot bertugas memilih blok yang akan ditambahkan ke blockchain.

Jadi, kepemilikan token ADA menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin slot dan dapat menambahkan blok baru.

Penting untuk menentukan bahwa hanya node mCore yang dapat dipilih untuk menjadi pemimpin slot.

Dengan peningkatan platform Shelley pada Juli 2020 , Cardano mengaktifkan Delegated Staking. Ini memungkinkan pemilik ADA untuk mendelegasikan hak mereka (bukan token mereka yang sebenarnya) untuk berpartisipasi dalam protokol, memberikan suara kepada pengguna lain, dan mendapatkan hadiah ADA tanpa harus selalu online.

Artinya, pemegang token ADA dapat mendelegasikan partisipasi mereka kepada pihak ketiga untuk bertindak atas nama mereka dengan biaya tertentu.

Delegasi dikenal sebagai staking pool dan berkomitmen untuk menjalankan protokol sebagai delegasi dan online 100% setiap saat.

Pengguna dapat memilih untuk berpartisipasi melalui staking pool atau bertaruh sendiri kapan saja.

BAGAIMANA CARA KERJA INSENTIF OUROBOROS?

Seperti dalam sistem konsensus, delegasi yang menerbitkan blok dan memverifikasi transaksi melakukannya dengan imbalan hadiah (dalam bentuk ADA) dan biaya transaksi.

Insentif berasal dari dua sumber:

  • Biaya transaksi;
  • Dana diambil dari Ada Reserve.

Di Ouroboros, hadiah dari suatu zaman didistribusikan di antara para pemangku kepentingan dan kelompok taruhan sesuai dengan partisipasi mereka.

Pemimpin kelompok mendapat sebagian kecil dari hadiah untuk menutupi biaya operasional dan margin keuntungan.

Sisanya didistribusikan di antara anggota kumpulan, termasuk pemimpin kumpulan, secara proporsional dengan bagian yang disediakan oleh kumpulan.

Di akhir Epoch (periode 5 hari), hadiah didistribusikan ke staking pool dan delegasinya.

Jika Anda ingin mengetahui perkiraan hadiah ADA yang dapat Anda peroleh dengan mempertaruhkan, Anda dapat menggunakan kalkulator yang tersedia di situs web Cardano.org.

Dompet Cardano (ADA)

Pemegang ADA dapat mempertaruhkan token ADA mereka sebagai orang pertama atau dengan bergabung dengan staking pool melalui penggunaan wallet/dompet.

Ingatlah bahwa jika Anda memutuskan untuk bertaruh dengan mendelegasikan hak Anda ke staking pool, Anda tidak perlu terus-menerus terhubung ke Internet.

The Dompet direkomendasikan di website resmi Cardano ini adalah Daedalus dan Yoroi.

Dompet Daedalus
Daedalus adalah dompet desktop node penuh yang dikembangkan oleh IOHK. Ini adalah dompet unik karena, tidak seperti dompet ‘ringan’, ia mengunduh salinan lengkap dari blockchain Cardano dan secara independen memvalidasi setiap transaksi dalam sejarahnya. Ini memberikan keamanan maksimum dan operasi yang sepenuhnya andal, tanpa server pihak ketiga yang dihosting secara terpusat.

Daedalus dibangun dengan teknologi web di Electron, sebuah platform open source untuk menulis aplikasi desktop multiplatform.

Dompet Yoroi
Yoroi adalah dompet deterministik hierarkis (HD) ringan yang berjalan sebagai ekstensi Chrome atau Firefox. Ini terhubung ke node Cardano penuh yang dihosting oleh pihak ketiga (Emurgo) tanpa perlu mengunduh salinan riwayat blockchain. Ini menjadikannya cara yang sederhana dan cepat untuk menyimpan dan bertransaksi dengan ADA.

BAGAIMANA MEMBELI CARDANO (ADA)?

Seperti yang Anda lihat, untuk mendapatkan hadiah di ADA, Anda harus memiliki tokennya terlebih dahulu. Semakin banyak token yang Anda pertaruhkan, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan hadiah di ADA.

Twitter Follow

Featured Posts

Cara Mendapatkan Bitcoin Tanpa Modal

Cara mengumpulkan Bitcoin bisa dikelompokkan menjadi dua, yakni dengan cara membeli atau berbayar dan secara cuma-cuma. Semakin lama bitcoin semakin Keep reading ...

Visitors

3.235.78.122